My Weblog

Pray until push something happens……

Khasiat Semangka

Posted by opeck pada 24 Oktober 2009

watermelonSiapa yang tidak gemar menyantap semangka, salah satu buah yang terkenal dengan rasa yang manis, daging yang renyah, dan mengandung banyak air yang menyegarkan. Selain itu, buah semangka juga memiliki khasiat untuk membantu meredam peradangan yang berkontribusi terhadap kondisi seperti asma, aterosklerosis, diabetes, kanker usus, dan arthritis. Luar biasa, bukan?

Semangka sejatinya satu paket dengan beberapa jenis antioksidan penting dari alam. Ya, semangka dikenal sebagai sumber vitamin C dan vitamin A yang terbaik dalam bentuk beta-karoten. Apalagi, warna merah muda pada semangka, juga merupakan sumber antioksidan karoten, likopen—di mana dua jenis antioksidan itu akan beredar di seluruh tubuh untuk menetralisir radikal bebas dan penyebab kerusakan di dalam tubuh.

Likopen misalnya, mampu mengoksidasi kolesterol. Perlu Anda ketahui bahwa tingginya kolesterol di dalam darah dapat membuat pembuluh dinding pembuluh darah menebal, sehingga menyebabkan serangkan jantung dan stroke.

Radikal bebas juga bisa memperburuk kondisi asma yang disebabkan gangguan saluran pernafasan; meningkatkan peradangan karena osteoarthritis dan rematik arthritis yang menyebabkan kerusakan pada persendian; merusak sel pada dinding usus yang mengakibatkan kanker.

Sedangkan vitamin C dan beta karoten berguna untuk mengikis molekul-molekul jahat dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan kemudian. Bahkan, telah terbukti bahwa asupan tinggi vitamin C dan beta karoten dapat menurunkan risiko penyakit jantung; menurunkan hambatan udara yang terjadi pada penderita asma; menurunkan risiko kanker usus; dan meringankan beberapa gejala yang muncul akibat osteoarthritis dan rematik arthritis. Satu cangkir semangka mengandung 24,3 persen kebutuhan vitamin C harian. Semangka juga sumber terbaik dari vitamin B6, B1, magnesium, dan potasium. Satu cangkir semangka mengandung 48 kalori.

Menurut penelitian yang dilaporkan Archives of Ophthalmology tahun lalu, mengkonsumsi tiga porsi atau lebih buah-buahan per hari bisa menurunkan risiko penyakit degenerasi—terutama dalam menurunkan kualitas penglihatan di usia tertentu.

Memang, tiga porsi buah-buahan per hari sepertinya tak gampang dipenuhi. Tapi, semangka bisa membantu Anda memenuhi ketentuan tersebut. Ya, Anda dapat mencampurkan potongan buah semangka dengan sesendok madu ke dalam blender. Lalu, tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis.

Kehebatan semangka lainnya adalah kandungan citrulline-nya—yakni sejenis asam amino di dalam tubuh yang berfungsi membuang ammonia dari dalam tubuh. Semangka juga membuat sel-sel dinding pembuluh darah membuat nitrik oksida yang tak hanya membuat pembuluh darah rileks, menurunkan tekanan pembuluh darah, tapi juga dapat mencegah terjadinya disfungsi ereksi. Jadi, sudahkah Anda menyantap semangka hari ini?

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: