My Weblog

Pray until push something happens……

KK dan KTP Bakal di Gratiskan

Posted by opeck pada 23 Oktober 2009

ImagePAREPARE – Setelah Akte Kelahiran, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Parepare  kembali akan melakukan terobosan besar dalam pelayanan publik, yakni menggratiskan seluruh biaya penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Kebijakan ini kata Walikota Parepare, H. Mohammad Zain Katoe telah menjadi komitmen pihaknya, dan diharapkan dapat segera direalisasikan.

Penegasan ini disampaikan Zain Katoe saat pada acara Tudang Sipulung Pemerintah Kota Parepare,  Selasa (20/10) di Kelurahan  Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki. Menurut Zain Katoe, tidak saja KTP dan KK yang bakal digratiskan,  tetapi juga biaya reteribusi pemakaman akan dihapus oleh  pemerintah kota. “Saat ini Perdanya  sementara dikaji ulang, karena masa orang sudah meninggal masih dibebani biaya retribusi,” tegasnya.

Menanggapi rencana pemerintah kota menghapus biaya retibusi penerbitan KTP dan KK dan biaya pemakaman tersebut, para ketua RT/RW  se-Kecamatan Bacukiki yang hadir pada pertemuan  Tudang Sipulung Pemerintah Kota Parepare itu, menyatakan menyambut baik dan berharap kebijakan ini dapat segera diwujudkan.

ImageSementara ini, dari 33 jenis layanan perizinan dan non perizinan yang diterbitkan Sintap Kota Parepare, enam diantaranya telah digratiskan oleh pemerintah daerah, diantaranya adalah Akte Kelahiran, HO, SITU, Surat Izin Industri, dan Tanda Daftar Industri.

Pada kesempatan tersebut, Zain Katoe juga mengatakan, keberadaan ruang terbuka hijau di Kecamatan Bacukiki  harus dapat dipertahankan dalam rangka mencegah kemungkinan munculnya bencana akibat kurangnya daerah resapan. Selain itu, tambah Zain Katoe, alangkah indahnya bila kemudian wilayah ini  berkembang menjadi daerah perkotaan, tetapi tetap mempertahankan karakteristiknya sebagai wilayah persawahan. “Sesuai RTRW, maka 30 persen dari lahan yang ada harus diperuntukkan untuk ruang terbuka hijau. Dan saya pikir, alangkah indahnya di daerah ini di tengah-tengah bangunan modern tetap ada sawah” katanya.

Sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Parepare, Kelurahan Galung Maloang merupakan kawasan pengembangan Kota Parepare masa depan yang diistilahkan dengan kota atas. Selain itu, kelurahan ini merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Bacukiki yang dilewati jalan provinsi  yang menghubungkan Makassar dan daerah-daerah  lain di Pulau Sulawesi.

” Sumber : http://www.pareparekota.go.id

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: