My Weblog

Pray until push something happens……

Memindahkan Email Ke Folder Tertentu

Posted by opeck pada 14 Oktober 2009

Memindahkan Email Ke Folder Tertentu Secara Otomatis Pada Yahoo!Mail. Setelah mengikuti berbagai forum, milis, group, dan situs pertemanan facebook, email yang masuk ke Inbox saya begitu banyak. Saking banyaknya kadang-kadang membuat ada beberapa email yang tidak sempat terbaca. Yang membuat jengkel, kadang-kadang saya harus mencari-cari salah satu email penting di antara “tumpukan” email berserakan lainnya dan hal ini membutuhkan waktu dan energi yang tidak sedikit. Dan parahnya lagi, kadang-kadang ada beberapa email penting yang ikut terhapus ketika menghapus email lain yang saya anggap tidak penting.

Nah, agar hal-hal tersebut tidak terjadi, kita dapat melakukan-pengaturan tertentu, misalnya dengan memilah-milah atau menyortir email-email yang masuk dan kemudian memindahkannya pada folder-folder tertentu. Misalnya kita dapat membuat folder dengan nama “Facebook” untuk menampung email yang khusus datang dari facebook. Atau juga kita dapat membuat folder “Mailplus” untuk menampung email yang khusus datang dari milis PC Plus, dan sebagainya.

Dengan memindahkan email-email tertentu ke folder yang sudah kita siapkan sebelumnya maka kejadian-kejadian seperti di atas akan dapat terhindarkan. Untuk tujuan tersebut, kita harus melakukan pengaturan (setting) sebagai berikut.

Pertama, login ke Yahoo!Mail dengan account masing-masing.

Kedua, klik menu “Option” yang letaknya berada di sebelah kanan atas, kemudian pilih “Mail Options”, seperti di bawah ini.

Ketiga, Setelah itu akan muncul menu-menu yang berada di sisi kiri. Pada menu-menu tersebut, pilih (klik) “filter”, screenshotnya seperti di bawah ini.

Ketiga, setelah itu, pada panel sebelah kanan, klik “Create or Edit Filters” hingga browser akan membuka halaman baru dan kita akan mendapati form seperti di bawah ini.

Keempat, kemudian klik button “Add” untuk menambahkan filter dan kemudian akan muncul halaman “Add Message Filter” (halaman penambahan filter), seperti di bawah ini.

Kelima, isi “filter name” dengan nama filter yang kita kehendaki, sebagai contoh, saja karena saya ingin menyortir email dari facebook maka saya beri nama saja “facebook”.

Keenam, kita dapat melakukan pengaturan satu atau beberapa filter, seperti berikut ini.

  • From header >> siapa pengirim pesan (email)
  • To/Cc header >> kepada siapa email tersebut ditujukan
  • Subject >> judul (teks) pada email
  • Body >> body email

Masing-masing filter tersebut terdiri dari beberapa subfilter lagi, yaitu sebagai berikut.

  • Contains >> memfilter (menyaring) email yang mengandung teks yang kita tentukan sebagai filternya.
  • Doesn’t Contain >> memfilter email yang tidak mengandung unsur teks yang kita tentukan.
  • Begins with >> memfilter email yang mengandung teks di bagian depan.
  • Ends with >> memfilter email yang mengandung teks di bagian di akhir.

Sebagai contoh, misalkan saya ingin memindahkan semua email yang datang dari facebook ke folder yang saya beri nama “facebook” juga.

Pada filter name saya beri nama “facebook”, kita boleh tidak mengisinya karena Yahoo!Mail akan memberikan nama secara otomatis.

Pada “From Header” saya pilih filter “contains” kemudian pada teks filter saya isikan “Facebook”.

Kemudian saya centangi pada “match case” agar hanya “Facebook” dengan huruf “F” besar saja yang masuk ke folder “Facebook”. Jika mencentanginya maka semua email dengan pengirjm “Facebook” baik huruf kecil maupun dengan huruf besar akan masuk ke folder “facebook” tersebut.

Ketujuh, setelah selesai melakukan pengaturan filter dan subfilter tersebut, kemudian pada “then” klik menu pulldown “Choose Folder” dan kemudian pilih (tentukan) folder yang akan kita gunakan untuk menampung email yang telah kita atur filternya tersebut.

Jika ingin memasukkan ke folder baru, klik “New Folder” kemudian Yahoo!Mail akan meminta kita untuk mengetikkan nama folder baru tersebut.

Kedelapan, jika pengaturan di atas telah selesai kemudian klik “Add Filter” untuk menambahkan atau menyimpan pengaturan filter tersebut.

Kesembilan, jika berhasil, kita akan mendapati halaman filter, seperti di bawah ini.

Kesepuluh, dengan contoh pengaturan seperti di atas, maka setiap ada email yang masuk berasal dari Facebook maka secara otomatis akan dipindahkan ke folder “Facebook”, seperti screenshot di bawah ini

.

Kesebelas, selesai dan selamat Mencoba.

Selamat Mencoba,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: