My Weblog

Pray until push something happens……

Masyarakat Parepare Nikmati Layanan Internet Gratis

Posted by opeck pada 22 Oktober 2009

ImagePAREPARE – Komitmen Walikota Parepare, H. Mohammad Zain Katoe memberikan kemudahan layanan akses internet kepada warga Parepare  akhirnya terwujud. Semenjak Sabtu, 19 September 2009, bertepatan malam takbiran jelang lebaran Idul Fitri 1430 Hijriah tahun 2009, Pemerintah Kota Parepare mulai mengaktifkan hotspot internet gratis di Lapangan Andi Makkasau yang berlokasi di tengah-tengah Kota Parepare.

Pemfungsian hotspot berbasis speedy tersebut, merupakan salah satu dari beberapa hotspot gratis yang akan disediakan Pemerintah Kota Parepare  dalam waktu dekat. Tahun 2010, pemerintah daerah juga telah memprogramkan layanan hotspot internet di area Kompleks Kantor Walikota Parepare yang dapat menjangkau Kantor DPRD Kota Parepare yang lama dan baru, Kantor Bappeda dan Kantor Dinas Pengelola Keuangan Daerah.

Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad, Jumat (25/9) mengatakan, kebijakan pengadaan hotspot gratis di areal Kompleks Kantor Walikota Parepare ditempuh untuk  mendukung penerapan sistem layanan lalu lintas persuratan dinas  secara online via email bagi SKPD dalam lingkup  Pemerintah Kota Parepare. Menurut Iwan, kebijakan penyediaan layanan internet gratis secara nirkabel di beberapa titik di Kota Parepare akan terus dilakukan secara bertahap.

ImageUntuk layanan hotspot di Lapangan Andi Makkasau, bagi masyarakat yang berkeinginan memanfaatkan fasilitas ini kata Iwan, cukup membawa Notebook yang memiliki fasilitas wireless atau Handphone  yang memiliki wi-fi. “Caranya sangat mudah, aktifkan wirelessnya, kemudian akan muncul tulisan Humas Pemda Parepare. Selanjutnya, klik pada tulisan dimaksud dan setelah itu anda bisa berinternet dan mengunjungi situs-situs yang diinginkan,” katanya.

Dia juga menjelaskan, rencana awal kekuatan sinyal hotspot hingga 800 meter, oleh tim teknis  diputuskan dilakukan pembatasan dengan tujuan untuk lebih memaksimalkan daya jangkau hotspot.  Ini juga kata Iwan, dilakukan untuk mewujudkan  tujuan awal pengadaan hotspot di lapangan yang merupakan alun-alun kota dan pusat  berbagai kegiatan dan aktifitas warga tersebut.

“Kebijakan pembukaan hotspot di Andi Makassau dimaksudkan untuk meramaikan lapangan ini. Namun jika daya jangkauannya mencapai hingga 800 meter, maka kemungkinan besar orang memilih mengakses di rumah mereka masing-masing, sehingga tim melihat ini bagusnya dibatasi cukup di Lapangan Andi Makkasau saja. Selain itu,  dengan mengurangi kekuatan daya jangkaunya, maka kekuatan sinyalnya akan lebih maksimal pada areal yang  diinginkan (Lapangan Andi Makksau-red),” katanya.

Terhadap kekhawatiran bahwa kapasitas hotspot tidak akan mencukupi karena kemungkinan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan fasilitas internet gratis ini, Iwan mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir mengingat  hingga saat ini layanan Charge Batterai Laptop di lapangan Andi Makkasau belum tersedia, sehingga penggunaan intenet  juga menjadi terbatas. Sementara bagi mereka yang mengalami keluhan atau masalah dalam penggunaan layanan ini, dia mempersilahkan masyarakat mengirimkan pesan singkat ke Bagian Humas via SMS  (0812 4135 0077) atau lewat email: humas@pareparekota.go

_CLOAKING

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: